PC Tablet


https://hariman80.files.wordpress.com/2013/01/touch2bsreen.jpeg?w=129PC Tablet adalah sebuah laptop/komputer portable yang berbentuk lebih kecil dari laptop bentuknya seperti buku dan memiliki teknologi layar sentuh yang cukup canggih sehingga PC tablet bisa dioperasikan dengan pulpen digital dan tidak memerlukan keyboard ataupun mouse komputer. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap ke atas. Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat. Kini PC Tablet telah maju pesat banyak perusahaan gadget yang bersaing untuk membuat tablet pc yang elegan, berteknologi canggih dan tetap simple, agar bisa memberikan kenyaman kepada pengguna dan bisa membantu memenuhi kebutuhan penggunan tablet pc.
 
 

Sejarah tablet PC

Daftar berikut merupakan beberapa pokok penting sejarah tablet PC:
  • 1888: US Paten diberikan kepada Elisa Gray pada perangkat stylus listrik untuk menangkap tulisan tangan.
  • 1915: US Patent pada antarmuka pengguna pengenalan tulisan tangan dengan stylus.
  • 1942: US Patent di layar sentuh untuk masukan tulisan tangan.
  • 1945: Vannevar Bush mengusulkan Memek, data pengarsipan perangkat termasuk input tulisan tangan, dalam esai As We May Think
  • 1950: Tom Dimond menunjukkan tablet Styalator elektronik dengan pena untuk input komputer dan perangkat lunak untuk pengenalan tulisan tangan teks secara real-time.
  • 1966: Dalam serial televisi fiksi ilmiah Star Trek, awak kapal membawa, papan penjepit elektronik besar berbentuk baji, dioperasikan melalui penggunaan stylus.
  • 1982: Pencept dari Waltham, Massachusetts memasarkan terminal komputer untuk tujuan yang umum (general-purpose) menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan papan ketik dan mouse. Sistem Cadre memasarkan terminal point-of-sale Inforite yang menggunakan pengenalan tulisan tangan dan sebuah tablet dan pena elektronik kecil.
  • 1985: Pencept dan CIC sama-sama menawarkan komputer PC untuk pasar konsumen menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, bukan keyboard dan mouse. Sistem operasi adalah MS-DOS.
  • 1989: Komputer portabel komersial pertama yang tersedia dalam tipe tablet adalah GRiDPad dari GRID Systems dirilis pada bulan September. The GridPad diproduksi oleh Samsung, dimodifikasi dari PenMaster Samsung yang tidak pernah berhasil mencapai distribusi komersial. Sistem operasinya didasarkan pada MS-DOS. Wang Laboratories memperkenalkan Freestyle. Freestyle adalah sebuah aplikasi yang akan melakukan screen capture dari aplikasi MS-DOS, dan membiarkan pengguna menambahkan penjelasan suara dan tulisan tangan. Freestyle adalah pendahulu canggih yang kemudian dicatat sebagai aplikasi untuk sistem seperti PC Tablet. Sistem operasinya adalah MS-DOS Dalam kemitraan dengan Fujitsu, Poqet Computer Corporation mengumumkan kedatangan PC Poqet.
  • 1991: Pentop momentum ini dirilis. GO Corporation mengumumkan sistem operasi khusus, yang disebut PenPoint OS, menampilkan kontrol dari desktop sistem operasi melalui isyarat bentuk tulisan tangan. NCR merilis komputer pena model 3125 yang menjalankan MS-DOS, OS atau Pen Penpoint Windows. Apple Newton memasuki perkembangannya, walaupun akhirnya menjadi sebuah PDA, konsep aslinya mirip piranti keras dari sebuah PC Tablet.
  • 1992: GO Corporation mengirimkan OS PenPoint untuk ketersediaan yang umum dan IBM mengumumkan komputer pena IBM 2125 (model IBM pertama bernama “ThinkPad”) pada bulan April. Microsoft merilis Windows for Pen Computing sebagai respon untuk OS PenPoint oleh GO Corporation.
  • 1993: Fujitsu merilis PC tablet Poqet pena pertama yang menggunakan LAN nirkabel terintegrasi. Apple Computer mengumumkan Newton PDA, juga dikenal sebagai MessagePad Apple, yang meliputi pengenalan tulisan tangan dengan stylus. IBM merilis ThinkPad, komputer portabel tablet komersial pertama dari IBM yang tersedia untuk pasar konsumen. AT & T memperkenalkan EO Personal Communicator menggabungkan PenPoint dengan komunikasi nirkabel. BellSouth merilis IBM Simon Personal Communicator, sebuah ponsel analog menggunakan tampilan dan layar sentuh. Ponsel ini tidak mendukung fitur pengenalan tulisan tangan, tapi pengguna dapat menulis pesan dan mengirimnya sebagai faks pada jaringan ponsel analog, termasuk fitur PDA dan Email.
  • 1999: “QBE” pena komputer diciptakan oleh Aqcess Technologies memenangkan Best Show COMDEX.
  • 2000: PaceBlade mengembangkan perangkat pertama yang memenuhi standar Microsoft Tablet PC dan menerima penghargaan piranti keras terbaik di VAR Visi 2000. Pena komputer “QBE Vivo” yang dibuat oleh Aqcess Technology mendapatkan Best of Show COMDEX.
  • 2001: Bill Gates dari Microsoft menunjukkan prototipe publik pertama dari sebuah PC Tablet (didefinisikan oleh Microsoft sebagai pena-komputer memungkinkan sesuai dengan spesifikasi piranti keras yang dibuat oleh Microsoft dan menjalankan salinan lisensi dari sistem operasi “Windows XP Tablet PC Edition”) di COMDEX.
  • 2003: PaceBlade menerima penghargaan “Innovation des Jahres 2002/2003″ untuk PC Tablet PaceBook dari PC Magazine Professionell di Cebit Fingerworks mengembangkan teknologi sentuhan dan gerakan sentuhan yang kemudian digunakan di iPhone Apple.
  • 2006: Samsung memperkenalkan Samsung Q1 UMPC. Windows Vista dirilis untuk ketersediaan umum. Vista termasuk fungsi Tablet PC edisi khusus dari Windows XP. Di Disney Channel Original Movie, Read It and Weep, Jamie menggunakan Tablet PC untuk jurnalnya.
  • 2007: Axiotron memperkenalkan Modbook, komputer (dan hanya) tablet pertama berdasarkan piranti keras Mac dan Mac OS X di Macworld.
  • 2008: Pada bulan April 2008, sebagai bagian dari kasus pengadilan federal yang lebih besar, fitur gerak tubuh sistem operasi dan piranti keras Windows/Tablet PC ditemukan melanggar paten oleh GO Corp tentang user interface untuk sistem operasi komputer pena. Akuisisi teknologi Microsoft adalah subyek dari tuntutan hukum yang terpisah. HP merilis tablet Multi-Touch kedua: HP TouchSmart seri tx2.
  • 2009: Asus mengumumkan sebuah netbook tablet, EEE PC T91 dan T91MT, yang terakhir yang dilengkapi dengan layar multi-sentuh. Always Innovating mengumumkan netbook tablet baru dengan CPU ARM. Motion Computing meluncurkan J3400.
  • 2010: MobileDemand meluncurkan T7000 xTablet Rugged Tablet PC yang menjalankan OS Windows dan fitur lengkap meliputi papan ketik numerik yang terintegrasi, barcode scanner, credit card reader, dll Apple memperkenalkan iPad, menjalankan Apple iOS. Sistem Quaduro memperkenalkan 10 “QuadPad 3G Plus, 900 gram Microsoft Windows berbasis 3G tablet PC dengan 8 jam masa pakai baterai. Samsung memperkenalkan Galaxy Tab, menjalankan Google Android. bModo meluncurkan bModo12 yang menjalankan Windows 7 OS dan fitur termasuk TFT-LCD 11,6″, 3G, Wi-Fi, GPS, Bluetooth ® 2.1, USB 2.0, slot SDHC, slot kartu SIM yang tidak terkunci, konektor miniHDMI, OMTP Jack, webcam, mic, dll Neofonie melepaskan WeTab, tablet PC untuk menulis berbasis MeeGo, menampilkan layar multi-sentuh 11,6 inci pada resolusi 1366 × 768 piksel. Dixons Retail plc memperkenalkan Vega Advent, tablet PC 10″ yang menjalankan Android 2.2, memiliki chipset Tegra NVIDIA 1 GHz, RAM dan ROM 512 Mb, kamera 1,3 MP, WiFi dengan konektivitas b/g, Bluetooth 2.1, slot kartu micro SD , USB port dan daya tahan baterai hingga 16 jam untuk pemutaran audio dan 6,5 jam untuk video 1080p. Dell Inspiron mengumumkan Netbook flip Duo Layar dan Tablet PC hibrida HP merilis Slate 500, yang menjalankan versi penuh Windows 7
  • 2011: Motorola mengumumkan Xoom Tablet, tablet 10 inci yang didukung oleh versi Android 3.0 yang akan datang, yaitu Honeycomb Asus EEE mengumumkan memo pad (tablet 7 inci), EEE Slate EP121 (tablet Windows 7), EEE Pad Transformer (tablet 10 inch dengan Android) dan EEE Pad Slider (tablet 10 inch dengan layar geser atas, keyboard QWERTY) [semua tablet menggunakan tampilan IPS] Dell menampilkan yang tablet Streak 7 dan mengatakan itu bekerja pada Streak 10 inci 10 Apple mengumumkan 2 iPad

Alasan Kenapa Harus Bergeser ke Komputer Tablet :

Untuk mengakses Internet dulu kita menggunakan Komputer, kemudian Laptop lalu bergeser ke Handphone dan Smart Phone. Tapi sekarang, kita melihat trend baru yaitu penggunaan Komputer Tablet. Apa alasan orang bergeser ke Komputer Tablet? Berikut beberapa alasan mereka :

Praktis Bisa Dibawa Kemana-mana.

Kecil dan compact. Gak menuh-menuhin tas juga dan pas ditangan. Bayangin kalo kita bawa2 laptop kemana2. Ribet buka tutupnya dan cari colokan kalo batre abis. Betul?

Ringan Tapi Modis.

Fungsinya sama kaya Laptop atau Komputer, tapi lebih ringan. Dijamin gak bikin tangan pegel. Ukurannya pas di tangan kita, selain itu bentuknya juga modis banget.

Multitasking

Mau browsing? Bisa. Mau nonton video? Bisa. Mau chatting? Bisa. Macem2 sampe nyatet2 tugas atau kerjaan

Hemat Baterai.

Ga seribet laptop yg mesti colok dimana2, rata2 tablet kuat seharian kalo setelah di-charge. Ya asal makenya juga manusiawi.

Efisien

Pemakaian tablet itu lebih efisien. Soalnya dari mulai dinyalain, jarang banget nunggu loading. Bandingin sama laptop yg mesti nyalain, standby, tutup, buka lagi. Ditambah lagi ada touch screen yang bikin akses tabletnya makin cepet.

 · Wireless

Mau pake wifi atau naro sim card, bisa. Intinya gak perlu nyangkut di colokan internet

 · Entertainment

Buat sebagian orang, perlu banget misahin fungsi nelepon sama tablet. Menurut saya, nelepon ya nelepon, tablet ya buat kerjaan sehari2. Makanya, kalo punya tablet usahakan bisa buat entertainment tabletnya.

Tips Memilih Komputer Tablet Untuk Kerja

Bagaimana cara memilih Komputer Tablet yang cocok untuk bekerja?

Keamanan

Saat komputer tablet yang sudah terintegrasi dengan sistem komputasi di kantor, faktor keamanan menjadi sangat penting supaya data perusahaan tetap aman. Khusus untuk para manajer teknologi informasi harus menyediakan “sabuk pengaman” khusus, misalnya dengan enkripsi, otentifikasi perangkat, keamanan saat terkoneksi di jaringan kabel ataupun nirkabel, dan konektivitas Virtual Private Network (VPN).

 · Bisa menjalankan aplikasi kolaboratif

Pengguna tablet tentu tak ingin “sendirian” ketika mengoperasikan perangkatnya. Dia harus tetap terhubung dengan rekan lainnya, misalnya untuk melakukan konferensi melalui Instant Messaging (IM), presence, email, dan kolaborasi tim secara virtual dari satu perangkat mobile.

· Administrasi dan manajemen enterprise

Para administrator teknologi informasi sebaiknya menyederhanakan sistem administrasi dan pengelolaan penggunaan komputer tablet, termasuk memiliki otoritas untuk mengizinkan atau tidak memperbolehkan pengguna untuk mengunduh aplikasi-aplikasi dari berbagai marketplace.

· Komunikasi video

Komputer tablet dapat mendukung komunikasi bisnis dengan solusi video multi-vendor.

· Kinerja yang prima

Untuk keperluan bisnis, tentunya pengguna menginginkan komputer tablet yang memungkinkan untuk berbagi data sekaligus membuat dan mengedit konten.

· Virtualisasi desktop

Virtualisasi dekstop memungkinkan pengguna meng-host aplikasi software secara fleksibel dan aman di data center dan menggunakan jaringan untuk mengantarkan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai layanan, kapan pun dan di mana pun. Lingkungan yang tervirtualisasi ini harus dapat diteruskan secara mulus ke perangkat-perangkat mobile, termasuk komputer tablet.

· Open source

Komputer tablet untuk perusahaan yang menggunakan platform terbuka, seperti OS Android, dapat memanfaatkan komunitas pengembang Android yang sedang tumbuh untuk menyediakan aplikasi produktivitas kelas bisnis dan memungkinkan pengguna mengembangkan sendiri aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Sistem Operasi Komputer Tablet

Seperti komputer pada umumnya, komputer tablet juga memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi (operating system) untuk mengatur kerja perangkat kerasnya.Ada beberapa sistem operasi yang sering disertakan dalam komputer tablet diantaranya :

1. Android

2. iOS Apple

3. Windows 7

4. QNX Software System

5. Palm webOS

Lalu apa saja kekurangan komputer tablet ini? sejumlah pendapat yang dihimpun dari berselancar di dunia maya menyebutkan bahwa fitur-fitur dan aplikasi yang bisa dimuat komputer tablet lebih terbatas, meski dari segi bentuk perangkat ini lebih simpel ketimbang laptop atau notebook. Seperti dalam hal video chat, pemrograman, update foto dari kamera, kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibanding laptop serta kemampuannya menginstal dari beragam media.

About hariman80

Staf Pengajar di STMIK dan LPWN Hamzanwadi Pancor, Guru RPL , KKPI di SMKN 1 Selong, Mengajar Jaringan Komputer di SMKN 1 Pringgasela serta menjadi Guru TIK di SMA NW Pancor.

Posted on 29 Januari 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: